Rabu, 11 Mei 2016

pengalaman nyata penderita kista






Hallooo blogger sekalian...

Salam kenal saya perempuan berumur 23Th yang menderita kista ovarium ukuran 22,5 x 9,11 x 28,7 cm itu adalah hasil menurut usg radiologi...   
bagaimana perasaan kalian para wanita yang membaca ini, kalian mungkin akan langsung berpikir ” ih ngeri banget. Gede banget yahh. Kok bisa kena itu... atau blaa bla bla “. Saya juga tidak menduga menderita penyakit seperti ini, karena saya tidak pernah berpikir bahwa sakit haid yang saya alami selama ini adalah benar masalah sensitif. Sebelumnya ini ada penjelasan kista :
Kista Corpus Luteum
Kista jenis ini, adalah yang paling umum terjadi dan biasanya tidak ada gejala dan dapat berukuran 2-6 cm diameternya. Pada saat telur keluar dari ovarium ke rahim, maka folikel dapat terkunci dan terisi darah ataupun cairan. Inilah yang membentuk kista jenis ini. Bilamana ukurannya membesar dan menyebabkan batang ovarium terlilit (twisted) maka hal tersebut dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan memerlukan tindak operasi.

Kista Hemorrhagic
Yaitu timbulnya pendarahan dalam kista fungsional dan menimbulkan gejala seperti kram di perut.

Kista Dermoid
Kista jenis ini biasanya menyerang wanita berusia lebih muda dan dapat tumbuh besar (15 cm) dan berisi tidak hanya cairan, tetapi juga lemak, rambut, jaringan tulang ataupun tulang rawan. Kista jenis ini dapat meradang dan menyebabkan posisi tuba fallopi terlilit.

Kista Endrometrium
Disebut juga endrometriosis. Kista jenis ini terjadi ketika jaringan lapisan rahim hadir dalam ovarium wanita. Biasanya berisi darah kental, dan ukurannya berkisar antara 2 cm hingga 20 cm. Karakteristiknya yaitu menyerang wanita usia reproduksi, menimbulkan sakit nyeri haid yang luar biasa dan sedikit menganggu kesuburan.

Kistadenoma
Yaitu bila tumor terbentuk dari jaringan ovarium. Tumor jenis ini biasanya berisi cairan dan dapat berukuran sangat besar, bahkan hingga 30 cm atau lebih diameternya.

Polycystic Appearing Ovary
Yaitu suatu kondisi dimana kista kista kecil terbentuk disekeliling luar ovarium. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita normal, maupun pada wanita yang mengalami gangguan hormon endokrin.



Sindrom Polikistik Ovari (Polycystic Ovarian Syndrom – PCOS)
PCOS adalah kondisi dimana ditemukan banyak kista dalam ovarium. Hal ini terjadi karena ovarium memproduksi hormone androgen secara berlebihan, dan bisa terjadi karena faktor genetic (diturunkan). PCOS dapat memiliki gejala seperti : bulu lebat tumbuh, wajah berjerawat, ataupun gangguan siklus haid. Komplikasinya dapat berupa meningkatnya resiko penyakit jantung, kolesterol, diabetes mellitus tipe 2 maupun tekanan darah tinggi sebagai akibat resistensi insulin. Selain itu juga dapat meningkatkan resiko kanker endrometrium bila jarak antar periode haid > 60 hari. Penyakit PCOS ini, juga seringkali diasosiakan dengan infetilitas, meningkatnya resiko keguguran dan komplikasi kehamilan dan pendarahan di luar siklus haid. Penyakit ini jarang ditemukan dan hanya menimpa wanita sekitar 4-7% wanita usia reproduksi.

Disini saya hanya ingin menceritakan pengalaman nyata saya, agar para wanita benar-benar menjaga dirinya dari penyakit karena penyakit kista ini mungkin bagi sebagian orang menganggap itu adalah biasa tapi tidak dengan saya meskipun bagi mereka seperti itu ! tetap saya merasa takut karena saya adalah perempuan muda dan belum menikah, saat saya di vonis kista ovarium dan harus segera di operasi karena ovarium saya berpotensi sudah terbungkus oleh cairan kista... rasanya seperti di jatuhkan ke dasar jurang yang gelap bener-bener gelap (udah kaya di film meloww pake efek horor / sinetron lebay jaman sekarang. ^_^ tapi itu emang beneran aku alamin) . saya merasa sangat down dan memiliki perasaan negatif meskipun itu harusnya di hilangkan agar tidak stress ditambah lagi ada teman saya yang saya kira baik ternyata hanya karna dia melihat saya keluar dari dokter kandungan seketika dia menyebarkan gosip tidak menyenangkan tapi tak apa toh berita yang dia beritakan tak benar dan kalau dia mau mempermalukan saya pada akhirnya dia sendiri yang akan malu dengan gosip yang dia ciptakan karna dia juga salah paham atas ketidaktahuannya jadi yasudahlah toh seiring berjalannya waktu orang-orang akan mengetahui yang sebenarnya masalah mereka yang melebih-lebihkan saya hanya bisa berdoa “semoga tuhan menghukum mereka di akhirat nanti”. Karena saya tidak ingin operasi jadi orang tua saya segera merujuk saya ke pengobatan herbal di bandung dan dua bulan saya menjalani pengobatan herbal tapi pada bulan ketiga banyak orang mengusulkan pada saya untuk operasi di RS dengan peralatan medis lengkap karena saya merasakan sakit yang sangat berlebih pada saat menstruasi, susah tidur, ketika malam saat bergerak/bergeser saat tidur terasa sakit dan terkadang tulang panggul saya sangat sakit...
Berikut ini merupakan ciri-ciri yang memang umum untuk mendeteksi gejala kista yang di alami :
1.      Susah/jarang buang air besar

2.      Sering buang air kecil
3.      Mudah kembung
4.      Cepat lelah
5.      Nafsu makan berlebih atau bahkan mengurang (sulit didefinisikan karena setiap orang berbeda)
6.      Nyeri panggul  sebelum,saat dan sesdudah menstruasi
7.      Nyeri saat berhubungan  

Saat ini saya masih binggung harus operasi dimana bila memang itu opsi yang memang harus saya jalani, karena untuk meminimalkan efek setelah operasi... saya juga banyak searching dan mendapat komentar-komentar tapi tetap saja saya selalu berdoa agar ada keajaiban dan tidak operasi. Entahlah mungkin saya butuh banyak lagi saran bagi yang care bisa di email ommo.mufti@gmail.com ... okey kalau kamu yang menderita kista dan belum menikah saya akan memberitahukan pantangan apa saja yang tidak boleh untuk dimakan menurut saya dan ini memang ampuh loh bisa dicoba (meskipun kedengerannya kaya jadi vegetarian... tapi cobain aja dulu ) :
1.      Daging merah ( sapi, babi, kambing, jeroan, lemak dan olahannya seperti bakso, sosis, dll) & ayam potong/negri beserta jeroan & telor ( telor ayam negri, telur puyuh dll)
2.      Seafod segala jenis makanan laut jangan yah apalagi ikan asin  & terasi (aduh udah itu kerasa banget di perut aku nyerinya... ) & ikan mas, ikan patin, kakap.
3.      Minuman dengan pengawet,susu, susu kedelai dan soda
4.      Durian, anggur, rambutan,nangka, kelengkeng, leci, salak, nanas, mangga, melon. Buah kalengan
5.      Tauge,sawi putih, timun, kol putih,genjer,kangkung, daun singkong,  kembang kol, kacang-kacangan, kemangi, tahu, tempe,kecap, kecap asin, vetsin.
6.      Makanan instant
7.      Makanan berminyak dan bersantan di kurangi yah...
Yang boleh dimakan dan di minum :
1.      Ayam kampung buang kulit dan lemak tapi jeroannya jangan yah
2.      Telur ayam kampung tapi putihnya
3.      Ikan nila, lele, gabus, sidat, & belut
4.      Bayam merah & hijau, katuk, pokcoy, ceriwis,wortel,lobak,  brokoli hijau , kol ungu, labu, bit merah, terong, jengkol, pete dan sayuran lainnya yang penting kalau yang suka lalap harus direbus dulu...
5.      Segala jenis jamur di perbolehkan (yang lazim dikonsumsi yah...)
6.      Segala jenis bumbu masakan diperbolehkan. bihun & kwetiaw
7.      Apel,manggis, belimbing, jeruk, jambu, ceremai, buah naga, sirsak, dll ( pokoknya buah yang mengandung/memicu alkohol jangan dulu, aku sih lebih sering bikin jus sirsak dan jambu merah)
8.      Makan umbi-umbian (singkong, ubi, tales, labu kuning di rebus/ dikukus)
9.      Perbanyak makan-makan rebus dan minum jus
10.  Air kelapa hijau ( kalau bisa tiap pagi sesudah air putih ... saya rasa ini membantu meringankan sakit & detox )

Semua yang diatas harus dibarengin sama olahrahraga tiap pagi pas udara seger, kalau kamu sibuk yah minimal seminggu 2-3x hehee...  semua yang diatas adalah anjuran dari dokter herbal saya, karena ukuran kista saya besar jadi mau gak mau harus seperti ini, mungkin bagi yang sudah operasi sedikit ringan atau bagi yang kistanya kecil dan sedang program punya anak karna kalau yang sedang program punya anak pasti harus ada asupan yang baik... konsultasi ke dokter aja lagi...
Saya rasa ketika seorang wanita sudah di vonis menderita penyakit yang sensitif dengan reproduksinya apapun itu selain penyakit kista mereka sudah harus menjaga makan dan pola hidup meskipun mereka telah melakukan operasi karena melihat dari banyak cerita, komentar dan dampak setelah operasi mereka memang tetap harus mawas diri jangan hanya karna sudah melakukan pengakatan kista/operasi penyakit lainnya mereka merasa lega atas hal tersebut justru mereka harus lebih menjaganya. Semoga bermanfaat yahh...
             Sejauh ini hal yang sedang saya usahakan adalah :
1.      Berusaha ikhlas (bukan ikhlas pasrah tapi ikhlas menjalani)
2.      Intropeksi diri
3.      Pantang menyerah
4.      Membuat diri bahagia
5.      Mengukuhkan apa yang saya inginkan dan cita-citakan
Saya tidak tau ini benar atau tidak tapi saya masih berusaha dan mulai merasakan dampaknya, saya lebih dekat dengan tuhan dan orang-orang terdekat... kalau kamu merasa dikucilkan dan di bully, ngak apa-apa jangan marah tenang mereka sudah dihukum oleh tuhan dan ketika teman-teman kamu meninggalkan kamu atas penyakit apapun itu.. tidak apa-apa,itu berarti mereka bukanlah teman sesungguhnya dan masih ada teman terbaik yang bisa menerima kamu. Saya merasakan semua itu dan saya bersyukur memiliki teman yang tulus menerima dan membantu saya. Untuk kamu yang memiliki penyakit apapun itu ... jangan menyerah atas itu, saya juga sedang berusaha dan berjuang untuk membuat satu keputusan yang saya rasa memiliki banyak resiko. INGAT ... bagi kalian yang sedang galau seperti saya ... jangan cepat merasa drop/down setelah kalian dapat vonis itu cari second opinion untuk memastikan apa benar yang kamu derita dan penanggulangannya.  saya juga sedang mencari jalan keluar terbaik, tetap tenang untuk menentukan pilihan mau di operasi atau apapun itu... semangat, salam sehat ...









59 komentar:

  1. Saya penderita kista endometriosis,baru 1 mgu lalu operasi laparoskopi,n jg saya ingin punya anak...
    Apalagi kista ini tumbuh di indung telur saya jd sangat menganggu kesuburan saya,semoga kita di beri kesehatan sama allah n kista yg kita derita bnr" hlg,n saya pun di segerakan di beri keturunan amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dg saya, kista ovarium.25cm tapi saya tidak mau oP jadi saya sekarang diet total, nasi ssya ganti dg singkong rebus dan cara merebusnya tidak di tutyp.sampai matang, singkong yg saya pilih yg tidak ada urat hijaunya dan mempur saya sudah 1bulan makan singkong rebus, semua pantangan saya jauhi saya juga pakai minyak varash healing oil dan minum jely gamat alhamdulillah perut saya sudah agax kecil dua bulan lg saya mau chek-up

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mba saya juga punya kista ovarium,,ukurannya 8 cm,,proses penyembuhan nya berapa lama mba ??apakah sudh semnuh dalam 1 bulan ?

      Hapus
    4. Mba devi boleh sharing ga ? saya rencana mau operasi tapi takut pnyembuhannya lama,,trus takut kalo nanti melahirkan ga bisa lahiran secara normal,,

      Hapus
    5. tgl 22 oktober 2017 kemarin, saya di vonis kista ovarium besarnya 12*19 saya tanya dokter obatnya apa katanya kalau mau sembuh harus operasi, karna tidak mau merasakan nyeri yg hebat akhir tgl 26 oktober 2017 saya operasi laparascopy. induk telor kanan dipotong dan kiri kemungkinan dipotong induk telurnya (kiri kanan kista ada cmn kiri uk nya kecil),,,sampai skrg saya msh bertanya2 kenapa hrs dipotong induk telor ya? penjelasan dari dokter saya kurang memuaskan krn ketemu dr. sigitnya susah banget. dokter sigit ini prakter di rspp, rscm dan rumah sakit pantai indah kapuk. saya mau operasi krn saya pikir itu jalan terakhir dan biar cepat sehat juga.

      Hapus
    6. Salam kenal bunda2 semua..saya heni.usia 31thn,sdh menikah slm 9thn .
      Tgl 18/11/2017 sy operasi kista endometriosis ovarium .
      Dan ternyata dokter yg menangani su , stlh operasi hrs suntik.tp dokternya pelit & sprti malas melayani pasien krn sy pake bpjs.
      Dokter kasih ksh 2 pilihan suntik.mau suntik 1x byr sendiri ( 3jtan / 7x suntik di tanggung bpjs....sementara sy sharing k tmn yg lain& tny k dokter lain disarankan suntik endrolin 3x, setiap bulan 1x.
      Tolong infonya bunda2 semua ...saya harus gmn ? Makasih bunda2

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mba cece dan mba kusumastuti... bisa sharing kah. Minta kontak email ato wa dong mba... ini email aku @ammymell@gmail.com

    BalasHapus
  4. Mba saya juga punya kista udh besar tpi saya ngak mau oprasi saya mau nanya bisa makan cabekah...?

    BalasHapus
  5. saudara saya juga pernah pake jelly gamat dan lumayan berhasil sembuh dari kista coklat walaupun sedikit alam sembuhnya.

    BalasHapus
  6. Saya juga di vonis menderita penyakit kista 2 Minggu yg lalu,dan saya langsung drop,padahal usia saya msih21 dan belum menikah,,
    Mau nanya nih apakah kista bisa punya keturunan yah,dan boleh makan cobe nga ya??

    BalasHapus
  7. Aku juga ada 6cm kista ovarium, aku ikhtiar minum ladyfem, semoga aja berhasil

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Mbk nya,,,,bisa gak chat lwt fb atau WA,,,biar nyaman...trimakasihh

    BalasHapus
  10. Mbak2, saya masih nona dan di vonis kista endometriosis, yang saya khawatirkan apakah kedepannya saya akan mempunyai keturunan dan bisa berhubungan intim dg baik?

    BalasHapus
  11. Saya ada obat china herbal aman buat pengeringan luka.. Dijamin 3-4 hari operasi sudah bisa jalan... Ini sudah terbukti buat saudara dan kawan kawan saya yg habis operasi. Klau tidak pkai obat ini bisa 1 bulan baru bisa jalan jalan normal.. Wa.. 081297768889

    BalasHapus
  12. Saya bru saya menjalanin op laparoskopi tgl 7 nov kmrn, saya masih bingung untuk makanan yg hrus d hindari apakah sama seperti saat sblm operasi apa kah beda?? Ada kah yg bisa bantu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda euis..sama dong bun.sy jg kmrn tgl 18 nov 17 operasi kista endometriosis ovarium

      Hapus
  13. Saya baru bln september 2017 ktika saya trkena isk karna iud saya yg trlambat 10 th tdk dilepas.. dr usg diketahui trdapat kistadiameter saat itu masi 3.7cm saat itu yg dtangani adalah pengambilan iud dan penyembuhan isk. Kista malah tdk dibahas oleh dktr ybs. Bliau pesan jaga pola makan dan hdp sehat. Saat kluar dr rs ( saya opname 7 hari ) saya di beri obat 1 bln
    Untuk pengobatan isk dan sisa luka iud saya.
    Bulan brjalan hingga kmarin mndekati awal th 2018 saya merasakan nyeri2 lagi di perut sisi kiri bawah. Dan pinggang saya berasa sakiiitttt.. saya takut dan feeling saya ini pasti karna kista saya. Dan benar ktika saya kontrol dkter kista saya diameter brtambah mjd 4.9 dktr bilang sdh boleh di oprasi. Saya takut skali dg bahasa oprasi.saya browsing google apa saja makanan yg dilarang penderita kista. Trnyata benar spt yg di ceritakan mba diatas. Durian kelengkeng nangka trmasuk yg tdk boleh padahal saya suka skali dan hoby durian. Bgtu jg seafood dan daging merah.sejak saya kontrol dan tau pantangan makanan saya benar2 strike untuk pola makan saya dan saya mengkonsumsi obat dokter pil kb itu . Dan saya konsumsi kunir putih bntuk kapsul ramuan prof.dr.ir.hj.dwiyati mp 1 botol isi 60 kapsul saya minum 6 butir tiap hari. 3 pagi bangun tdr dan petang 3 butir. Oiya saya jg minum ramuan herbal china xiau liu wan. Sama 3butir pagi 3butir siang dan seharusnya 3butir malam tapi saya cuma minum di pagi dan siang dengan menjeda waktu dg kunir putih. Dan obat dokter .oiya.. minum air putih nya saya banyakinminimal 1 hari bisa 3 sampai 4 liter..dan yg paling penting adalah kita lbh mndekatkan diri pada yg di Atas( kbetulan saya muslim ). Tuhan selalu baik buat hambanya yg selalu mendekat pd nya mau apa pun keyakinannya berdoa dan memintalah dg cara masing masing . Saya sudah merasakan perkembangan baik yg sangat jauh sejak saya tertib pola makan dan meminum ramuan herbal td di barengi obat dokter. Tentunya saya yakin karna Allah jg bekerja di dalam usaha saya memerangi kista. Teman2 smoga bisa brmanfaat ya.. sharingnya.. tetap semangat untuk sembuh..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang gmn mbk, kistanya udah mengecil kah? Soalnya saya juga baru divonis kista udah 11cm, pdhl slama ini sy tdk pernah ada kluhan haid, smgt saya agak down pas mndgar ini

      Hapus
  14. Saya baru bln september 2017 ktika saya trkena isk karna iud saya yg trlambat 10 th tdk dilepas.. dr usg diketahui trdapat kistadiameter saat itu masi 3.7cm saat itu yg dtangani adalah pengambilan iud dan penyembuhan isk. Kista malah tdk dibahas oleh dktr ybs. Bliau pesan jaga pola makan dan hdp sehat. Saat kluar dr rs ( saya opname 7 hari ) saya di beri obat 1 bln
    Untuk pengobatan isk dan sisa luka iud saya.
    Bulan brjalan hingga kmarin mndekati awal th 2018 saya merasakan nyeri2 lagi di perut sisi kiri bawah. Dan pinggang saya berasa sakiiitttt.. saya takut dan feeling saya ini pasti karna kista saya. Dan benar ktika saya kontrol dkter kista saya diameter brtambah mjd 4.9 dktr bilang sdh boleh di oprasi. Saya takut skali dg bahasa oprasi.saya browsing google apa saja makanan yg dilarang penderita kista. Trnyata benar spt yg di ceritakan mba diatas. Durian kelengkeng nangka trmasuk yg tdk boleh padahal saya suka skali dan hoby durian. Bgtu jg seafood dan daging merah.sejak saya kontrol dan tau pantangan makanan saya benar2 strike untuk pola makan saya dan saya mengkonsumsi obat dokter pil kb itu . Dan saya konsumsi kunir putih bntuk kapsul ramuan prof.dr.ir.hj.dwiyati mp 1 botol isi 60 kapsul saya minum 6 butir tiap hari. 3 pagi bangun tdr dan petang 3 butir. Oiya saya jg minum ramuan herbal china xiau liu wan. Sama 3butir pagi 3butir siang dan seharusnya 3butir malam tapi saya cuma minum di pagi dan siang dengan menjeda waktu dg kunir putih. Dan obat dokter .oiya.. minum air putih nya saya banyakinminimal 1 hari bisa 3 sampai 4 liter..dan yg paling penting adalah kita lbh mndekatkan diri pada yg di Atas( kbetulan saya muslim ). Tuhan selalu baik buat hambanya yg selalu mendekat pd nya mau apa pun keyakinannya berdoa dan memintalah dg cara masing masing . Saya sudah merasakan perkembangan baik yg sangat jauh sejak saya tertib pola makan dan meminum ramuan herbal td di barengi obat dokter. Tentunya saya yakin karna Allah jg bekerja di dalam usaha saya memerangi kista. Teman2 smoga bisa brmanfaat ya.. sharingnya.. tetap semangat untuk sembuh..:)

    BalasHapus
  15. Saya juga penderita kista ovarium dengan ukuran 36.5 x 20cm, umur saya 23 tahun dan 3 minggu yg lalu saya baru saja menjalani operasi.. Saya pernah bertanya pada dokter untuk menempuh jalan alternatif lain selain operasi, namun dokter bilang jika jalan alternatif tersebut tidak mampu membuang bungkusan kista yg mana akan mengganggu kesuburan saya, jalan alternatif hanya mampu membuang cairan yg ada di dalam bungkusan tersebut..
    Apakah kasus mbaknya tidak sama dengan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya baru aktif dan liat blogger saya... saya juga mendapat penjelasan yang sama dari dokter seperti itu. bahkan saat saya mau operasi dilarang minum obat herbal karna akan memicu pengentalan cairan kista dan berpotensi pelengketan saat operasi. alhamdulillah safinatun najah sudah operasi, tetap jaga kesehatan yah mbak... kalau bisa sih ikutin terapi dokter, biasanya setelah operasi mbaknya disuruh dokter untuk chek-up dan minum obat dokter gitu.

      Hapus
  16. Saya penderita kista ukuran 3.2cm.sebelumnya haid selama 3bln gk normal stiap bulannya hmpir 2x haid dan gk beraturan.. Pas ke dr di vonis ada kista 3.2cm.saat itu was was. Kaget.. Cemas. Langsung buka gogle mknan/ mnumn apa sja yg tdk boleh. Sedang kata dr asal jngan mkana pedes sama yg berpengawet. Tp q tkut dripda bhya mnfing ikuti saja baca" d gogle bnyak mkn sayuran/mknan yg d rebus/ d kukus. Dan saya juga coba rebus daun sirsak setiap hari 3x rebus untuk 3x d minum. Alhasil pas kontrol kedua kista saya jdi berkurang jadi 1.2cm beekurang 2cm.Alhmdulillh..saya tanya dr juga noleh tidaknya minum rebusan alternatip daun sirsak tsb.. Katanya bokeh saja asal ada jeda satu jam habis minum obat..
    Sekedar sharing ja.. Bahwa alhmfulillh khasiat rebusan daun sirsah bisa membantu.. Asal kita juga jaga pola makan kita.. Dan pas kontrol ke 3 pas di usg kista saya tinggal 1cm.. Kata dr mudah"n bukan depan ini bisa hilang. Dan sembuh. Amin ya rabbal alamin.
    Terima kasih bagi yg membaca pengalaman saya. Semoga kbar baik bulan depan bisa saya sharring lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba yuli, boleh minta no WA nya,email k sini ya mba no WA nya nurlaela.aella@gmail.com, soalnya saya ingin nanya2 ke mba,saya baru 1 minggu d vonis kista

      Terimakasih

      Hapus
    2. Mbk bisa minta email-nya.. terimakasih

      Hapus
  17. Assalamualaikum .. saya dua kali keguguran .. stelah keguguran yg kedua saya di vonis kista ovarium kanan kiri .. 6cm dan 3cm .. makin hari badan saya makin kurus .. selama ini saya cuma minum bawang dayak, jelly gamat,, tp skrg cuma minum rebusan daun sirsak .. tp saya masih ngerasa ada benjolan di dalam perut dan itu ndak nyaman .. boleh share yg sudah sembuh dari kista ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mbk. Boleh minta wa atau Emailny?? Sy mau sharing jg tentang kista

      Hapus
  18. Disini ada yang puny riwayat kista Adenom?? Pliss yaa sharing . Kista sya tumbuh lgi psca operasi

    BalasHapus
  19. Mohon wa ke sya ya 081331971395

    BalasHapus
  20. Saya penderita kista ovarium.. 3 bulan lalu saya di vonis dokter ada kista berukuran 5cm di indung telur kiri saya,, saya panik dan searching makanan yg tidak boleh dan boleh saya makan disitu saya mulai diet dapat 1mnggu saya kontrol lagi dan bukannya membaik malah kistanya bertambah jd 6cm.. Saya panik da stres dan saya mencoba herbal manjakani kanza dan rebusan daun sirsak..setelah 2bulan saya periksa lagi kista berkurang jd 5cm dan dokter menyarankan untuk melakukan operasi kemudian setelah saya siap melakukan operasi hasil usg ada satu kista lagi yang tumbuh berkisar 2cm di ovarium kanan saya.. Karena saya sudah menikah doker tidak jd melakukan operasi karena saya tidak akan mendapat keturunan jika kista di angkat dua2nya dan dokter menyarankan saya untuk hamil terlebih dhulu.. Saya pasrah dan mengganti herbal dengan jelly gamat dan kunyit putih karena bnyk pengalaman yang berhasil dengan kdua herbal tsb semoga saya pun juga bisa berhasil sembuh dan mndapat keturunan..aminnn

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum,
    Saat itu saya datang ke dokter kandungan karena berniat promil, kemudian saya d USG untuk periksa kondisi rahim, alangkah kagetnya saya saat dokter bilang ada kista 7cm d indung telur kanan saya , selama ini saya tidak merasa sakit atau apapun itu , tp ternyata bermasalah,saya sdh menikah tp belum dikaruniai anak, akhirnya dokter menyarankan saya untuk promil terlebih dahulu dgn cara induksi(saya diberi beberapa obat hormon),dokter menyarankan saya tidak boleh operasi dulu karena saya blm punya anak. Dan jika berhasil hamil , insyaAllah kista bisa mengecil bahkan hilang seiring berkembangnya janin, untuk teman² yg mengalami seperti saya , sebaiknya kita berfikir positif, hindari stress, setiap hari saya minum jus tomat, banyak makan sayur dan makan makanan yg dikukus,
    Semoga Allah memberi kesembuhan untuk kita , dan meng anugerahkan putra putri soleh soleha , amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba tolong share dong pengalaman y sampai saat ini apa kista y mba sudah hilang soal y saya juga punya kista trus kta dokter kn ga boleh makan" lalapan / yg mentah" lalu klu minum jus tomat boleh ga ea kn mentah ,?

      Hapus
  22. Assalamualaikum,saya jg mau sharing,saya jg pengidap kista endemetriosis sudah 6.7cm,awalnya krn perut kiri sama pinggang sakit,dokter menyarankan utk operasi secepatnya krn takut mengganggu kesuburan rahim saya,apalg saya blom menikah,ketika semua jadwal operasi saya sdh ada,tiba2 ada perawat langganan salon saya krn tau saya mau op dia melarang saya dan mencoba alternatif,krn beliau sndr pernah mengidap mium ganas dan hrs op,tp alhamdulilah beliau memilih alternatif dan skrg dokter menyatakan sehat total,akhirnya saya melakukan pembatalan op d sby dan mencoba alternatif,skrg saya sdh ke 4 x berobat dan sdh berkurang 2 cm,smp saat ini msh berjuang sampai kistanya hilang,smoga kt smua diberikan Allah kesembuhan,baimanapun caranya yg hrs d lakukan ikhtiar dan doa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatifnya apa mbk? Klo boleh dishare

      Hapus
    2. Alternatif di surabaya mana mbak kalo boleh tau?

      Hapus
  23. Asalamuallaikum.
    Semuanya.
    Saya juga penderita kista.
    Saya bingung waktu pertama kali cek ke dokter nyarani operasi.
    Trus cek lagi Minggu k 3 nya dokternya bilang kista nya Uda gx ad lagi.
    Yg saya mau tanya apa kista itu cepat hilangnya ya.

    BalasHapus
  24. Kista nya kurang lebih 3 cm.
    Itu kista kira2 sebesar apa ya.

    BalasHapus
  25. alternatif nya apa mba kalau boleh tau? bisa share ke email saya please

    BalasHapus
  26. Ass.. Sy juga punya. Kista bun tpi kista dermoid yg udh lumayam gede yg ktax kista ini jg g bisa hlang biar minum obat hrbal apa pun dan dokter nyarangin buay op tpi aq tkut op, dsni ada g yg prnh skit kista dermoid,?

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum..saya juga baru saja cek ke dokter..ternyata saya terkena kista dermoid..ukuran 6 cm. Dokter menyarankan harus operasi dan indung telur sebelah kanan harus diangkat karena sudah rusak. Rencana minggu depan bru akan di operasi.
    Yang saya khawatirkan apakah nanti akan menghalangi dlm program kehamilan? Tapi setelah saya lihat video di youtube dan googling harapan utk hamil masih besar dgn hanya 1 indung telur..contohnya seperti istrinya ustad solmed yaitu mba jasmine..dia pun dulu kena kista dan diangkat indung telurnya sebelah..tapi setelah itu dia bisa hamil dan sekarang punya anak 3.

    BalasHapus
  28. Saya jg kista ovarium..tapi kata dokter masih bisa sembuh tanpa operasi..ukuran 2.4cm kanan jg kiri..makanan memang pantang tapi ga smua di pantang sperti artikel di atas.berobat/2 minggu sekali..di kasih obat untuk 2 minggu..alhamdulilah selama 2 minggu kista sdh kecil 0.8cm..rekomendasi untuk anda.
    Dr med setia budi..alamat lengkapnya silahkn search di google.
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau pantangan makanan nya apa aja ya ?

      Hapus
    2. Dr med yang di kebon jahe bukan mba? Syaa mau cari 2nd option, uk.kista ovarium saya 3,17cm tapi di suruh laparoskopi

      Hapus
  29. Saya penderita kista coklat sejak 2016,kanan 6 cm, kiri 6,9 cm.. 2 thun sdh ikhtiar obat dan terapi.. Hasil awal setelah 3 bln terapi, kista mengecil 1cm,mungkin karena faktor makanan jadi tambah gede lg.. Namun alhamdulilah saat ini saya sdh meneumukan obat herbal yg cocok.. Kista saya sdh tinggal 1 cm, baru konsumsi 5 hr yg lalu ..

    BalasHapus
  30. kalo blh tau pake herbal apa kak?

    BalasHapus
  31. Saya juga pernah mengalami kista ovarium,pertama kali usg kistanya cukup besar di ovarium kiri & kanan. Saya cek ke 3, dokter & ketiganya menyarankan untuk operasi.
    Takut, pasti. Dari situ saya search di internet & diet soal makanan & minuman. Mana yg boleh & mana yg tidak.
    Setiap hari saya makan brokoli,lauknya ikan,jus buah bit & ikhtiar minum madu hitam az-zikra (punyanya ust.Arifin Ilham). Alhamdulillah waktu CT-scan sebelum operasi ukuran kistanya mengecil. Walaupun akhirnya saya tetap operasi karena udh ga tahan sama nyerinya, dikhawatirkan juga kistanya pecah & menyebar, makanya tetap operasi. Ikhtiar tadi dilakukan supaya tidak memperburuk penyakitnya.
    Semoga sehat selalu, & yg sakit cepat disembuhkan. Aamiin.

    BalasHapus
  32. Sy pernah oprasi kista juga hampir 3 tahun yg lalu, sy pikir cuma dbagian kanan saja. Waktu di operasi, ternyata kista ada dikeduanya, indung telur kanan kiri.. tanpa mikir panjang,sy bilang ambil keduanya sekalian saja dok.. tapi saran dokternya, Krn blm menikah, kista yg paling besar yg di ambil, kira2 sebesar kepala bayi kalau gk salah /besar lagi. Berisi cairan katanya.. yg sebelah kiri dibiarkan, cuma diklothoki kata dokternya... Emang kista bisa di kelupas ya? Sy belum Nemu jawabannya sampai sekarang... Dokter tidak banyak saran soal makanan ketika ditanya... Pasif..sy akhirnya browsing2 sendiri, tp karena susah atur makanan juga.. jadi gk bisa hidup sehat.. semangat buat penderita kista yg lainnya... Terima kasih info pantangan makanannya ini yah... Bermanfaat sekali... Smoga bisa berhasil... Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy kena kista jug mbk sebesar 17 cm ..sya mau operasi awal mei..sy ketaktan 😭

      Hapus
    2. Sy kena kista jug mbk sebesar 17 cm ..sya mau operasi awal mei..sy ketaktan 😭

      Hapus
    3. Sudah operasi ap blm mb skrg ?

      Hapus
  33. Sy pernah oprasi kista juga hampir 3 tahun yg lalu, sy pikir cuma dbagian kanan saja. Waktu di operasi, ternyata kista ada dikeduanya, indung telur kanan kiri.. tanpa mikir panjang,sy bilang ambil keduanya sekalian saja dok.. tapi saran dokternya, Krn blm menikah, kista yg paling besar yg di ambil, kira2 sebesar kepala bayi kalau gk salah /besar lagi. Berisi cairan katanya.. yg sebelah kiri dibiarkan, cuma diklothoki kata dokternya... Emang kista bisa di kelupas ya? Sy belum Nemu jawabannya sampai sekarang... Dokter tidak banyak saran soal makanan ketika ditanya... Pasif..sy akhirnya browsing2 sendiri, tp karena susah atur makanan juga.. jadi gk bisa hidup sehat.. semangat buat penderita kista yg lainnya... Terima kasih info pantangan makanannya ini yah... Bermanfaat sekali... Smoga bisa berhasil... Aamiin

    BalasHapus
  34. Salam kenal bunda semuanya. Saya usg bln Desember 2018 krna merasa hamil,tp tp trnyta kata dokter ada kista to masih kecil,tdk perlu op. Saya cm d kasih obat Cyclone progynova kata dokter biar haid nya teratur lg. Sblm nya saya udh punya anak perempuan skrg umurnya 7 thn. Mgkn krna kelamaan kb saya jd kena kista. Rncna mau USG lg biar tahu prkemperkemb kista nya,jujur saya agak takut.

    BalasHapus
  35. Sy bln maret tgl 5 lalu operasi kista sebesar kepala bayi & ada 2 kista kecil jg,indung telur kiri sy jg diangkat krn kena kista yang besar,sekarang sy di ksh minum obat hormon visanne sm dtr selama 6 bln,dengan tips pantangan makanan ini sangat bermanfaat buat sy,thanks

    BalasHapus
  36. Borgata Hotel Casino & Spa Announces $20 Million Investment
    Borgata Hotel 평택 좜μž₯샡 Casino & Spa κΉ€ν•΄ 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ is an 당진 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ MGM Resorts International entertainment property in Atlantic City, New Jersey. μ•ˆμ‚° 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ It 순천 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ is located in the Marina District

    BalasHapus

pengalaman nyata penderita kista

Hallooo blogger sekalian... Salam kenal saya perempuan berumur 23Th yang menderita kista ovarium ukuran 22,5 x 9,11 x 28,7 cm itu...